Iklan

header ads

Pantai Ngunggah Gunungkidul, Berikut Rute Biaya, dan Fasilitasnya

Warta Dhaksinarga - Pantai Ngunggah Kabupaten Gunungkidul menawarkan pesona yang luar biasa, tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Berwisata ke Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunungkidul tentunya tak akan lengkap jika kamu tidak mengunjungi Pantai Ngunggah, pantai yang perkembangannya dan mulai nge-hits saat Covid 19 yang lalu.
Dibandingkan dengan pantai lain yang ada di tempat wisata Yogyakarta, seperti halnya Pantai Parangtritis atau Parangkusumo di Kabupaten Bantul, Pantai Ngunggah ini memang masih jarang diketahui oleh wisatawan. Namun jangan salah, hal tersebut justru membuat pantai ini masih terasa sangat asri. Bahkan, kamu bisa menemukan pemandangan alam memesona dengan pasir putih yang masih sangat bersih. 

Tak hanya itu, di pantai ini kamu juga akan menemukan daya tarik lainnya yang tak ada di pantai lain. Berikut informasi lengkap seputar alamat, harga tiket masuk, jam buka, hingga fasilitasnya. 

Pantai Ngunggah berlokasi di Kalurahan Giriwungu Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke Pantai Ngunggah dari arah Yogyakarta dapat melewati jalan Kapanewon Imogiri karena Pantai Ngunggah berlokasi di bagian barat Gunungkidul dekat dengan Bantul.

Jika melewati Jalan Imogiri Timur akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak sekitar 35 km. Apabila ingin melewati jalur Imogiri, kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Giwangan. Kemudian, pergi ke selatan ke Jl, Imogiri Timur. Jika sudah menemukan Patung Kuda Sultan Agung, belok kanan ke Jl. Imogiri, dan belok kiri ke Jl, Imogiri Siluk.

Lalu ambil jalan lurus menuju Jl. Siluk Panggang, dari Jl. Siluk Panggang belok ke kiri, nantinya kamu akan bertemu dengan Jalan Panggang atau kantor Kapanewon Panggang. Kemudian ambil jurusan jalan ke SMP Muhammadiyah Panggang atau SMA Negeri Panggang, lalu lurus lebih kurang 3 km. Perempatan jalan JJLS Panggang Purwosari ambil kanan 100 meter, lihat kiri jalan ada tulisan menuju Pantai Ngunggah yang sudah dipasang oleh rekan-rekan Pokdarwis Pantai Ngunggah.

Apabila sudah sampai di tempat parkir, perlu menuruni bukit dengan jarak lebih kurang 200 meter untuk menuju pantai. Saat berjalan melewati bukit perlu berhati-hati, sebab jalan setapaknya sangat licin dan curam serta berbatasan langsung dengan jurang. Tapi sesampainya di pasir pantainya perjuangan tidak akan sia-sia.

Untuk menikmati pemandangan di sini tidak membutuhkan budget yang sangat besar. Sebab sangat terjangkau, karena harga tiket masuk untuk berkunjung ke Pantai Ngunggah belum ditentukan, cukup membayar jasa parkir motor Rp. 5000 dan mobil Rp. 7.000 sudah termasuk masuk jasa perkembangan wisata. Untuk jam bukanya sendiri Pantai Ngunggah beroperasional selama 24 jam. Dan cocok untuk spot camping ground.

Untuk fasilitas yang sudah ada di Pantai Ngunggah Gunungkidul adalah area parkir kendaraan yang sangat luas dan aman, Warung makan, Kamar mandi umum, Tempat untuk beristirahat (gazebo) di 4 titik sepanjang perjalanan ke arah Pasiran pantai, camping ground, spot foto, dan tempat untuk Ibadah Sholat. Dengan fasilitas ini, berwisata ke pantai indah di Yogyakarta ini akan terasa sangat menyenangkan. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar