Iklan

header ads

Komunitas Gunungkidul Menginspirasi Adakan Edu Expo 2024

Indeks Pembangunan Manusia di Gunungkidul khususnya rata-rata lama sekolah masih di angka 7,30 termasuk salah satu yang terendah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Maka Komunitas Gunungkidul Menginspirasi mengadakan EduExpo 8.0 Ahad (14/01/2024).
Kegiatan Edu Expo 8.0 mengambil tema Gana Abipraya ing Widyanita yang bermakna para pasukan yang memiliki harapan dan cita cita dalam mencari ilmu pengetahuan. Renyta Amalya ketua Edu Expo 2024 menyatakan kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Gunungkidul Menginspirasi ini sudah dilaksanakan kedelapan kali. “Edu Expo tahun ini dilaksanakan sudah kedelapan kali dengan peserta sebanyak 145 orang SMA/SMK se Kabupaten Gunungkidul, harapannya dengan kegiatan ini siswa SMA/SMK di Gunungkidul dapat membangkitkan semangat untuk melanjutkan studi formal di perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta,“ kata ketua Panitia Renyta Amlya.

Sedangkan menurut ketua Komunitas Gunungkidul Menginspirasi Dewi Kencana Murti mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyukseskan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM anak muda yang ada di Kabupaten Gunungkidul. “Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas Indeks Pembangunan Manusia yang ada di kabupaten Gunungkidul, dikarenakan IPM yang ada di Kabupaten Gunungkidul masih diangka 7,30 yang masih tergolong rendah di Daerah Istimewa Yogyakarta,“ tandas Dewi ketua Komunitas Gunungkidul Mengisnpirasi di lokasi kegiatan.

Narasumber kegiatan ini diisi oleh para Anak Muda asal Gunungkidul yang berkuliah di kampus negeri dan swasta dalam maupun luar negeri dengan beasiswa dan terbagi di tiga sesi. Untuk sesi pertama yang mendapatkan beasiswa di Perguruan Tinggi Negeri, diisi oleh Isabeliana Mulia Sari mahasiswi UNY jalur KIP-PK dari Gading Playen dan Agnes Jatayu Lintang mahasiswi UNY jalur beasiswa Djarum dan MPM berbagi dari Kalurahan Karangmojo. Kemudian di sesi kedua yang mendapatkan beasiswa di Perguruan Tinggi Swasta, diisi oleh Zahrah Nur Aini Mahasiswi UMY jalur beasiswa internal kedokteran UMY dan Dimas Setiawan mahasiswa UII jalur beasiswa internal UII asal Kalurahan Gading Playen.

Serta di sesi ketiga yang mendapatkan beasiswa kuliah dari luar negeri, diisi oleh Tri Bawana Jaya Ahatma mahasiswa Yangzhou Polytechnic Institute asal Kalurahan Wonosari dan Avicena Putri Hamidah mahasiswi UGM jalur Temasek Foundation Leadership Enrichment and Regional Networking Kalurahan Siraman Wonosari.

Kegiatan ini diadakan bertempat di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan peserta sebanyak 145. Dihadiri pula Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gunungkidul Slamet Winarno dan Kepala Dinas Pendidikan Nunuk Setyowati. (red)

Posting Komentar

0 Komentar