Iklan

header ads

Mini Class Dasar Mengolah Biji Kopi Bersama Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Gunungkidul

Warta Dhaksinarga - Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul kembali menggelar Li-Teras, atau Library Enterpreneur Class sebagai bagian dari Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Kali ini menghadirkan PT. Katamata Coffe and Roastery. Li-Teras kali ini mengangkat tema pengolahan biji kopi menjadi minuman seduh. Sebagaimana diketahui bahwa biji kopi merupakan tanaman hasil pertanian yang sangat populer di masyarakat dan dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia.

Proses pembuatan bubuk kopi ternyata cukup panjang, dari mulai memanen tanaman kopi yang sudah matang, kemudian dilakukan proses menjadi kopi gelondong dan disangrai dengan tingkat derajat yang bervariasi. Biji kopi kemudian digiling agar menghasilkan bubuk kopi yang siap seduh. Mini Class yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Daerah Gunungkidul pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 kali ini memberikan pengalaman pada peserta mengenai berbagai pengetahuan tentang penyeduhan kopi sampai menjadi minuman yang digemari.

Dalam sambutannya, kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Gunungkidul, Kisworo menyampaikan bahwa program Li-Teras adalah kelas yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai upaya peningkatan kesejahteraan. Pustakawan sekaligus fasilitator Li-Teras, Agung Wibawa mengharapkan dengan kegiatan ini dapat memantik ide kreatif para peserta yang ingin memulai atau menekuni bisnis coffe shop.

“Peserta yang hadir luar biasa, bahkan ada satu peserta difabel yang turut berpartisipasi, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menerima dengan baik inovasi dari perpustakaan. Harapannya ilmu yang didapat dari kelas ini dapat diimplementasikan dan menjadi salah satu yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat,“ Tutup Agung.

Posting Komentar

0 Komentar