Iklan

header ads

Puluhan Petani Kakao Gunungkidul Berkumpul Satukan Misi di Asosiasi Galih Gunungkidul

Warta Dhaksinarga - Asosiasi Kakao Galih Gunungkidul Kumpulkan Puluhan Petani Kakao seosiasi Kakao Galih Gunungkidul mengumpulkan puluhan kelompok tani kakao se Kabupaten Gunungkidul di Omah Godhong Kelor Karangmojo, Rabu (19/06/2024). Pertemuan kali ini dihadiri oleh 45 ketua Kelompok Tani Kakao adalah pertemuan kesekian kali.

Untuk jumlah petani kakao yang ada di Kabupaten Gunungkidul lebih kurang sebayak 1.500-an orang, tersebar di 6 kapanewon, diantaranya Kapanewon Ponjong, Karangmojo, Patuk, Gedangsari, Nglipar, dan Playen. “Untik jumlah petani kakao yang ada di Kabupaten Gunungkidul selama ini kita mendapat data sekitar 45 kelompok tani dengan lebih kurang 1.500-an petani kakao,“ ujar Rabono Ketua Asosiasi Kakao Galih Gunungkidul. Lanjut Rabono, “Pertemuan hari ini untuk mendata kembali jumlah kongkret petani kakao yang ada di Kabupaten Gunungkidul“

Ini ditegaskan pula Bendahara Asosiasi Kakao Galih Gunungkidul menyatakan bahwa hari ini para ketua Poktan Kakao mengisi data form kepastian jumlah petani kakao dan jumlah pohon batang tanaman kakao yang berada di Kabupaten Gunungkidul. “Pertemuan para ketua kelompok tani Kakao di Omah Godhong Kelor ini mendata jumlah kongkret petani dan jumlah tanaman kakao yang sudah ditanam di lahan perkebunan yang berada di Kabupaten Gunungkidul“, kata Saryati.

“Kelompok Tani yang ada bergabung di dalam asosiasi Kakao Galih Gunungkidul diantara Sedyo Maju Kelor, Gapoktan Kelor, Murih Agung 1 dan 2 Karangmojo, Mitra Tani Umbulrejo Ponjong, Tani Mulyo Melikan Ngawis, Mekar Ngawis, Sumber Makmur Patuk, Sedyo Makmur Nglipar dan masih banyak lagi lainnya, tambah Saryati.

Sebagai informasi Asosiasi Kakao Galih ini mempunyai kepanjangan dari Gumbregut Ambuko Linuwihing Hasil. Untuk kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabid Perkebunan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul, Aning Sri Mintarsih beserta jajarannya dan Lurah Kelor Karangmojo. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar