Iklan

header ads

Relawan ACT Salurkan Bantuan Terdampak Angin Kencang di Kedungranti Gunungkidul

Warta Dhaksinarga – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Desa Nglipar, Gunungkidul mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Kejadian angin puting beliung ini terjadi pada kamis, (5/10) sore sekitar pukul 15.30 WIB. Sedikitnya 48 rumah rusak, 1 rumah ambruk rata dengan tanah, 2 pohon menimpa rumah dan beberapa pohon tumbang menutup akses jalan serta mengenai kabel listrik.

Kepala Dukuh Kedungranti, Tukiyarno menerangkan angin kencang ini berawal ketika mendung sangat gelap sekitar pukul 15.20 WIB. Tetapi ternyata yang turun bukan hujan melainkan angin kencang, "kejadiannya sekitar satu menit namun membuat porak poranda rumah warga," ungkapnya. 

Sore hingga malamnya, tim relawan dari DER ACT DIY turut turun langsung untuk melakukan assessment dan membantu warga yang rumahnya rusak terkena angin kencang. Malamnya,  para relawan melanjutkan dengan memberikan bantuan  untuk para warga yang terdampak. “Bantuan berupa Beras, paket sembako, serta alat kebersihan diri sebanyak 20 paket disalurkan untuk warga Dusun Kedungranti karena disini lokasi paling parah terdampak angin kencang,” ungkap Leta Komandan DER ACT DIY.

Untuk hari ini (Jum’at, 6/11) penyaluran bantuan akan dilanjutkan berupa bantuan air bersih sebanyak 5 tangki, “karena akibat angin kencang kemarin akses air bersih warga terhambat karena terdapat pohon tumbang mengenai panel listrik sehingga seluruh pompa air warga tidak berfungsi,” tutup Leta. (red)

Posting Komentar

0 Komentar