Iklan

header ads

Percepat Digitalisasi Gunungkidul, Bupati bentuk Tim TP2DD

WARTA DHAKSINARGA - Untuk mempercepat dan menyempurnakan penerapan  Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP), Pemerintah Kabupaten Gunungkidul merespon dengan di bentuknya, Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) oleh Bupati. Pengukuhan tim ini dilakukan oleh Hj. Badingah di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Senin (26/10). bersama itu pula di laksanakan penandatanganan MoU sinergi akselerasi elektronifikasi  antara Pemerintah Daerah Gunungkidul, Bank Indonesia dan PT. Bank BPD DIY oleh Bupati Gunungkidul, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktur Bank Pembangunan Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perkembangan Teknologi telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari, termasuk aktifitas dalam pemerintahan. Pemanfaatan teknologi dipandang sebagai salah satu enabbler, untuk mempercepat terwujudnya masyarakat yang maju, makmur, mandiri dan sejahtera melalui penguatan inovasi teknologi  memberikan kemudahan dan keuntungan yang sebesar besarnya. Sehinga di butuhkan sinergi dan kerjasama semua pihak.

Dalam rangka memperluas dan mempercepat digitalisasi daerah untuk mendukung kelancaran seluruh transaksi ekonomi serta efisiensi dalam pengelolaan fiscal serta untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah dari tunai menjadi non tunai berbasis digital agar mempercepat integrasi ekonomi digital dan meminimalisir kebocoran anggaran. Dengan diterbitkanya Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor : 159/KPTS/TIM/2020, Bupati Gunungkidul berharap banyak seluruh personil yang masuk dalam TP2DD setelah sarana prasarananya tersedia dan SDM disiapkan agar sungguh-sungguh dapat bekerja keras, bekerja cerdas, ikhlas, jujur dan berkomitmen untuk mendorong Percepatan dan Perluasan Implementasi ETP di Kabupaten Gunungkidul sehingga  mampu mendorong integrasi keuangan digital di wilayah Gunungkidul,l.

Sementara itu kepala perwakilan Bank Indonesia Hilman Tisnawan perkembangan teknologi yang begitu cepat harus di ikuti inovasi dengan sinergi akselerasi elektronifikasi akan lebih memberikan kemudahan kepada masyarakat, dan tentu akan memberikan dampak yang sangat besar dalam efisiensi. Sementara itu Sekretarsi Daerah mengatakan bahwa salah satu yang terpenting dan tujuan Elektronifikasi Transaksi untuk  menyusun  strategi yang terarah untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari perkembangan elektronifikasi, membentuk point of view yang sama dari seluruh OPD, serta merumuskan tindak lanjut program dan kegiatan digitalisasi transaksi daerah.

Mendorong integrasi keuangan digital di wilayah Gunungkidul, mencakup transaksi government to government (pusat-propinsi-daerah-bahkan sampai tingkat desa), government to business (pemerintah dengan pihak ketiga), dan government to citizen (pemerintah ke masyarakat). Perputaran keuangan ini diharapkan dapat membangkitkan pergerakan perekonomian masyarakat sehingga pulih kembali. (red)

Posting Komentar

0 Komentar