Iklan

header ads

Inovasi BUMKal Gari, Jadikan Pasar Argowijil Pasar Kuliner Jadul Berbasis Digital Pertama di Gunungkidul

WARTA DHAKSINARGA - Pengurus BUMKal (Badan Usaha Milik Kalurahan) Gari Wonosari 'Mardi Gemi' bersama pengelola Pasar Argowijil, Lurah Gari Widodo, dan pihak terkait lainnya adakan evaluasi dan sosialisasi program digitalisasi Pasar Argowijil di Kantor Sekretariat Pasar Argowijil Senin malam, (26/10). Di jaman yang sudah modern yang semuanya serba digital maka Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Gari Wonosari melakukan inovasi dimana Pasar Argowijil sudah dikenal dengan Destinasi Wisata khusus kuliner 'jadul' maka untuk mempertahankan eksistensinya akan dilakukan modernisasi

Diantaranya nanti ke depannya untuk pembayaran atau sistem transaksi akan berbasis aplikasi yang akan digunakan di Pasar ekologis Argowijil. Aplikasi yang akan digunakan bernama Aplikasi "BERDESA". Aplikasi Berdesa yang dimaksud yaitu pasar dengan konsep pembayaran secara digital. Tata kelola Digitalisasi Pasar ekologis Argo Wijil yang menggunakan sistem e-Market dan e-Parking secara garis besar akan membawa keuntungan tersendiri dan cara yang mudah untuk di pelajari bersama.

Untuk manfaat dari penggunaan e-market pembayaran atau sistem transaksi berbasis Informasi dan Teknologi. Peluang pembeli atau konsumen akan semakin besar karena data pedagang dan semua jenis dagangan foto menu tersaji lengkap di aplikasi, memudahkan  pembeli saat membayar dan tidak harus mengantri, pedagang cukup melayani pembeli dengan monitor notifikasi atau tanda pembayaran berupa pesan. Selain itu dari sisi pembukaan pedagang tidak akan repot karena secara otomatis sudah ada jurnal catatan pembukuan masing-masing. Dan akan jadi destinasi wisata kuliner yang unik (pasar konsep tradisional tetapi dengan berbasis digital). Kemudian manfaat lainnya adalah pengunjung dapat memesan terlebih dahulu, ada alternatif layanan booking tempat melalui aplikasi smartphone masing-masing.

Menurut Septian Nurmansah, selaku direktur utama BUMKal Gari mengatakan "Dengan rapat ini para pedagang pasar bersama-sama bersepakat mendukung kegiatan ini untuk pengembangan pasar agar lebih baik lagi, kedepanya tentunya menjadikan wajah baru Pasar Argowijil, dan juga harapanya ke depannya menjadikan jiwa optimisme kami sebagai pengurus BUMkal serta pengelola pasar untuk mengembagkan lebih baik lagi dan lebih bisa untuk memuaskan para pelanggan."

Sedangkan untuk manfaat e-parking atau pembayaran parkir sistem transaksi berbasis aplikasi diantarnya dengan menggunakan sistem digital parking (E-Parking) akan terdata dan terekam secara otomatis dan perkembangan jumlah kendaraan setiap menit dan detiknya yang masuk langsung dapat termonitor secara Online oleh BUMKal. Kemudian lebih tertatanya sistem alur masuk-keluarnya kendaraan. (red)

Posting Komentar

0 Komentar