Iklan

header ads

Balai Desa Songbanyu Jadi Saksi Kehidupan Warga Perbatasan Gunungkidul Dengan Wonogiri

WARTA DHAKSINARGA - Menarik jika kita berkunjung di kantor lurah satu ini, Kalurahan Songbanyu yang termasuk Kapanewon Girisubo Gunungkidul Yogyakarta. Mengapa menarik, karena bisa jadi satu-satunya kantor lurah di Gunungkidul bahkan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang lokasinya berdekatan dengan perbatasan.

Selain menarik karena lokasinya dekat dengan perbatasan Gunungkidul DIY dengan Wonogiri Jawa Tengah, juga bisa jadi kantor lurah yang paling sederhana. Kenapa tidak ukuran kantor lurah Kalurahan Songbanyu ini hanya terdiri dari kantor administrasi kalurahan 2 ruangan dan aula kalurahan. Di Kalurahan Songbanyu memiliki akses parkir sangat terbatas, cukup untuk 6-10 sepeda saja. Untuk akses parkir mobil menurut perangkat kalurahan biasanya meminjam lahan warga di sekitaran kalurahan.

Menurut Giyarno Lurah Songbanyu mengatakan kantor Kalurahan Songbanyu direncanakan akan dipindah ke kawasan Pantai Sadeng yang lokasinya relatif di tengah dengan warga. Selain itu untuk suasana di Kantor Lurah Songbanyu saat ini diakuinya dapat dikatakan tidak layak karena selain lokasinya berada di sebelah tugu perbatasan Gunungkidul DIY dan Wonogiri Jawa Tengah luas lahan di kantor kalurahan juga sangat terbatas.

Menurutnya jika ketika kalurahan sedang ada acara di aula akan sangat terganggu jika ada kendaraan lewat, karena memang kantor kalurahan ini tepat depannya merupakan akses jalan utama warga baik dari Gunungkidul menuju Wonogiri dan sebaliknya. Sebagai persiapan dari rencana pemindahan kantor kalurahan Songbanyu ini, akan disiapkan peraturan kalurahan. Yang dimana untuk pembangunan calon kantor kalurahan yang baru akan mencoba mengakses Danais Keistimewaan Yogyakarta.

Selain itu Balai Kalurahan Songbanyu ini dalam perjalanannya menjadi bangunan saksi perjuangan hidup para Warga Gunungkidul di perbatasan dengan daerah Wonogiri Jawa Tengah. Ini juga dirasakan langsung oleh Giyarno Lurah danSdan beberapa dukuh dan perangkat Kalurahan Songbanyu ini. (red)

Posting Komentar

0 Komentar